Nasionalisme di kalangan Pelajar

Saya yang memang sebagai pendidik di sebuah SMA di Bandung, sebagai seorang guru tentunya hampir selalu seminggu sekali harus mendampingi para siswa berbaris di sebuah ritual sekolah yang namanya ‘Upacara Bendera’. Upacara…? Hm.. kata yang dimaknai dengan penuh aturan yang kaku, cenderung berada di bawah panji kedisiplinan. Berdiri tegak di bawah terik matahari, tanpa bicara, tatapan condong ke depan. Bagi siapa saja tentunya ini akan menjadi beban meskipun hanya berlangsung 30 menit. Menyebalkan…
Pertanyaannya ‘Buat apa…?’
Saya sendiri koq bingung pertanyaan ini. Yaaa… paling tidak mereka yang berdiri disana supaya tidak kosong, harus bisa menikmati seperti nonton pertunjukan musik..??!!@@# Ya nggak bisa bisa dong.. mereka kan harus berlatih disiplin, belajar menghargai, dan yang paling penting tumbuh rasa ‘nasionalisme kebangsaan’. Apa itu bisa? Coba saja murid-murid sekarang, pernahkan menyanyikan lagu ‘Indonesia Raya’ dengan gegap gempita? Wah.. jarang.. itu hanya bisa ditemukan di upacara di tingkat nasional. Lagu yang seharusnya menjadi simbol heroisme kepahlawanan, rasanya hanya keluar dari mulut dengan sedanya. Lalu, ketika bendera itu dikibarkan, penghormatan pun hanya sekedar formalitas tangan menyentuh dahi. Lalu apa makna semua itu ?
Nasionalisme di kalangan para remaja atau anak sekolah sudah mulai memudar. Benarkah mereka bangga menjadi bagian dari ‘Indonesia’ ? Ataukah sudah tidak ada yang peduli lagi pada tempat kita ini? Indonesia tidak butuh penghormatan, tetapi lebih dari itu, yaitu ditanamkan dalam-dalam di seluruh darah yang mengalir di tubuh kita.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s