SIAPKAH ANDA MENERIMA KEKALAHAN?

warisanMenjadi orang yang kalah dalam sebuah kompetisi ataupun lomba apapun akan menjadi pahit dan getir. Kita seringkali tidak sanggup menjadi orang yang kalah. Rasa malu menjadi beban yang sangat berat. Terkadang segala dalih menjadi alasan untuk memperjuangkan agar kita tidak menjadi yang kalah.

Lihatlah, Pilpres sudah bergulir. Dan hasilnyapun kita juga sudah bisa memperkirakan. Imbas dari perlombaan inilah yang masih menjadi tanda tanya besar. Mahkamah Konstitusi masih menjadi kunci semua keputusan itu. Para pendukung kandidat , khususnya no.1 dan 3 (yang kalah) tidak habis-habisnya mencari segala upaya untuk menggagalkan keputusan hasil Pilpres ini.  KPU, DPT  dan segala yang dianggap curang dalam proses pencontrengan. Dalih-dalih dianggap Pilpres ataupun Pileg tidak memenuhi syarat untuk ditetapkan. Padahal kita semua tahu, berapa biaya yang diperlukan untuk proses demokrasi ini. Pasti tidak kecil.

Menjadi legowo memang tidak mudah. Banyak hal yang melatarbelakangi menjadi sakit.

Memang benar, pelaksanaan Pilpres dan Pileg tidak bisa memenuhi harapan menjadi sesuatu yang sempurna. Memang benar, kita harus terus belajar dalam membangun demokrasi di tanah air ini. Tapi, apa bukannya kita masih bisa berhemat dalam pengeluaran biaya dan energi.  Marilah kita bangun sikap berbesar hati untuk menerima kekalahan. Insya Allah, melalui sebuah proses belajar dari kesalahan dan kekurangan, kita bangun Pileg dan Pilpres berikutnya lebih baik.

Kita selesaikan saja sekarang. “Lebih Cepat, Lebih Baik” sesuai moto yang dikembangkan JK-WIN.  STOP membangun opini yang akan memecahbelah bangsa dan menjurus kepada perpecahan. Para kandidat duduk bersama, bersalaman, berpelukan, dan saling memberi dukungan moril kepada yang menang untuk melanjutkan perjuangan bangsa.

HIDUP DEMOKRASI…….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s